Selasa, 24 April 2012

Dilema UNAS.

Hampir akhir tahun pelajaran, peserta didik dihadapkan pada situasi cemas terutama mereka yang akan meninggalkan bangku sekolah atau mereka yang menduduki tingkat akhir di sekolah (Kelas VI,IX dan XII). Seolah momok yang setia menghantui setiap akhir tahun pelajaran, dan momok itu yang bernama UNAS. Banyak peserta didik yang mengalami ketakutan, depresi atau tekanan dalam menghadapi UNAS. Entah mengapa setiap tahun hampir selalu ada tekanan tersebut, padahal pelaksanaan UNAS dari tahun ke tahun telah mengalami perubahan yang baik. Namun tetap saja seolah UNAS merupakan momok yang harus ditakuti oleh peserta didik atau bahkan sekolah penyelenggara UNAS tersebut.
Memang banyak sekali pro kontra penyelenggaraan UNAS, akan tetapi melihat sisi baiknya banyak manfaat yang dapat dipetik dari penyelenggaraan UNAS antara lain mengahpuskan stigma pendidikan kota dan desa, mengharapkan pendidikan bisa merata antara dipelosok dan di pusat pemerintahan, mempersiapkan peserta didik menghadapi persaingan dunia yang semakin ketat, mempersiapkan peserta didik berkualitas nasional dalam menghadapi persaingan hidup yang semakin keras dan masih banyak lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar